LOKAKARYA KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI VOKASI D3 DAN D4 K3 SE-INDONESIA YANG DISELENGGARAKAN OLEH PRODI D3 HYPERKES DAN KK FAKULTAS VOKASI UNAIR

h i

SURABAYA, 12 – 13 AGUSTUS 2016

Saat ini lulusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sangat dibutuhkan di dunia kerja terutama industri formal, baik Oil and Gas, Pertambangan, Konstruksi, Manufaktur, Rumah Sakit, dan sebagainya. Oleh karena itu Program Studi D4 Keselamatan dan kesehatan Kerja Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Darussalam Gontor sebagai salah satu institusi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi K3 perlu memikirkan bagaimana cara menjamin lulusannya, salah satunya adalah bergabung dengan Asosiasi yang mewadahi Perguruan Tinggi bidang Vokasi K3.

Saat ini Asosiasi Perguruan Tinggi Vokasi K3 telah terbentuk, selanjutnya APTVK3 perlu menyelenggarakan diskusi tentang capaian pembelajaran lulusan Prodi D4 K3 seIndonesia melalui konsorsium. Kegiatan ini terlaksana pada hari Jumat-Sabtu, 12-13 Agustus 2016 yang diselenggarakan oleh Prodi D3 Hyperkes dan KK UNAIR dengan mengundang seluruh institusi yang menyelenggarakan pendidikan Vokasi K3 seIndonesia, yaitu D4 K3 FIK Universitas Darussalam Gontor, D3 dan D4 K3 Universitas Sebelas Maret Surakarta, STIKES Binawan Jakarta, Universitas Balikpapan, PPNS Surabaya, Universitas Airlangga Surabaya, dan Akamigas Balongan.

Dalam kegiatan tersebut juga mengundang pakar kurikulum pendidikan vokasional di Indonesia sehingga seluruh pengelola pendidikan vokasi memahami tentang manajemen pendidikan vokasi yang berbeda dengan pendidikan akademik dan profesi. Selanjutnya dengan didampingi oleh pakar asosiasi membahas Capaian Pembelajaran baik D3 maupun D4 K3 dan disepakati bersama untuk dapat digunakan secara legal. Kegiatan ini akan ditindaklanjuti pada pertemuan asosiasi yang ke tiga pada tahun ini yaitu bulan Oktober atau November 2016 mendatang di STIKES Binawan Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *