KEGIATAN DONOR DARAH PADA HARI KESEHATAN NASIONAL KE-58 DENGAN PMI

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional Ke-58 yang dilaksanakan  setiap tahun pada tanggal 30 Oktober, Universitas Darussalam Gontor Putri Fakultas Kesehatan menyelenggarakan kegiatan Donor Darah dilaksanakan di kelas terbuka Universitas Darussalam Gontor mantingan dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Ngawi.

Sekitar 150 orang mahasiswi dan 10 lainnya dosen yang mengikuti kegiatan  donor darah dan dilaksanakan dengan tetap memenuhi protocol Kesehatan COVID-19 baik pendonor maupun tenaga Kesehatan yang bertugas. Mereka berbondong-bondong untuk mengikuti donor darah dari mulai pendaftaran dan dilanjutkan pengecekan hb dan tensi banyak dari mahasiswi tidak lulus dikarenakan kadar Hb tidak sesuai dengan persyaratan donor darah.

Banyak sekali dari mahasisiwi yang pingsan dan muntah setelah donor darah dan Sebagian juga dari dosen. Peserta donor darah setelah donor akan didata dan di beri apresiasi yaitu AKPAM dan diberi konsumsi sebuah makanan dan vit penambah darah.

Donor darah adalah sebuah langkah yang murni dan manusiawi untuk menebarkan kebaikan kepada sesama tanpa membedakan ras dan golongan. Karena satu kantong darah setidaknya bisa menyelamatkan 3 nyawa manusia

Kebiasaan mendonorkan darah ternyata memiliki segudang manfaat. Selain tujuan amal darah kepada orang lain yang membutuhkan transfusi darah, anggapan yang menyatakan mendonorkan darah bisa membuat kita menjadi lemas adalah salah.

Saat kita mendonorkan darah, maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya. Jadi, kita tidak akan mengalami kekurangan darah. Selain membuat tubuh memproduksi darah-darah baru, ada beberapa manfaat kesehatan lain yang bisa kita rasakan dari mendonor darah, antara lain : Menjaga kesehatan jantung;  Meningkatkan produksi sel darah merah; Membantu penurunan berat tubuh; Mendapatkan kesehatan psikologis; Mendeteksi penyakit serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *