Jaga Kesehatan dan Bernilai Pahala, HMP D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja UNIDA Gontor Ajak Santri Gontor Donor Darah

UNIDA – Donor darah adalah salah satu kegiatan yang bernilai pahala juga dapat memberikan manfaat kesehatan bagi yang melakukannya. Untuk bisa menjadi peserta donor darah pun ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh calon pendonor. Di antaranya, adalah berusia 17 hingga 60 tahun, berat badan yang harus di atas 45 kg, tingkat Hemoglobin diatas 12,5-17 g/dL, denyut nadi normal dan tekanan darah baik, tidak sedang menstruasi bagi perempuan, tidak mengkonsumsi obat-obatan dan juga tidak memiliki riwayat penyakit berat atau menular. Pada Rabu, 24 Januari 2018 Hall Rabithoh Gontor Pusat dipadati banyak santri sejak pagi hingga sore karena ingin mendonorkan darah untuk berbagi kepada sesama.

Target yang diinginkan dengan acara donor darah ini yaitu dapat berbagi dengan orang yang membutuhkan darah dan untuk memenuhi target 200 kantong darah yang dimusyawarahkan oleh ketua acara donor darah dengan PMI Kabupaten Ponorogo, pihak panitia membuka stand donor darah sejak pukul 08.00-16.00 WIB. Acara donor darah berjalan baik dan lancar dengan didukung pelaksana kegiatan kurang lebih 16 orang panitia dari anggota HMP K3 UNIDA Gontor serta dibantu oleh beberapa santri kelas 5 dari Organisasi Pondok Pesantren Modern (OPPM).

Antusiasme relawan yang tinggi membuat Hall Rabithoh Gontor Pusat dipenuhi oleh santri dan ustadz yang akan mendonorkan darah. Beragam alasan orang melakukan donor darah, ada yang karena manfaatnya bagi kesehatan atau karena memang niatnya murni bagi kemanusiaan. Apapun itu, tentunya aksi donor darah adalah aksi sosial yang patut dilestarikan untuk memupuk rasa solidaritas kemanusiaan dalam setiap diri individu.IMG_0080 IMG_0084

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *