Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Outcome Based Education

Kegiatan Bimbingan Teknis Kurikulum Outcome Based Education di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Darussalam Gontor telah terlaksana dengan baik. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut dimulai pada hari Sabtu, 19 Juni 2021 hingga Ahad, 20 Juni 2021 dan diikuti oleh seluruh dosen di lingkungan Fakultas Ilmu Kesehatan. Acara dimulai dengan penyampaian sambutan dan arahan oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Darussalam Gontor Al-Ustadz apt. Amal Fadholah, S.Si., M.Si dan dilanjutkan dengan inti acara yakni seputar Kurikulum berbasis OBE.

Dr. Ir. Syamsul Arifin, MT. sebagai pemateri pada kegiatan Bimbingan Teknis Kurikulum OBE di Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA Gontor memberikan berbagai materi dengan 4 tema yang diantaranya adalah :

  1. Tahapan Implementasi Kurikulum OBE
  2. RPKPS yang Menunjang Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
  3. Proses Assessment pada Kurikulum OBE
  4. Metode Pembelajaran Student Centered Learning (SCL)

dan diselingi dengan mereview Kurikulum dan RPKPS yang terlah dirancang oleh masing-masing program studi.

Diharapkan dari berlangsungnya kegiatan ini setiap dosen memperoleh bimbingan secara teknis dari nara sumber dan dapat memahami tahapan implementasi kurikulum OBE mulai dari dokumen kurikulum, metode pembelajaran sampai dengan assessment. Dan dengan pelaksanaan review langsung, kurikulum OBE yang saat ini berjalan dapat dievaluasi agar sesuai dengan profil dan capaian pembelajaran lulusan prodi di lingkungan Fakultas Ilmu Kesehatan Unida Gontor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *