Workshop Penyusunan Modul Pembelajaran

Kegiatan Workshop Modul Pembelajaran di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Darussalam Gontor yang terlaksana pada hari Ahad, 13 Muharram 1443/22 Agustus 2021 diawali dengan pemaparan materi mengenai penyusunan buku pendidikan tinggi : modul ajar dan praktikum. Workshop ini mengundang Dr. Ir, Syamsul Arifin, MT. sebagai narasumbernya dan mendapat antusias yang baik dari seluruh dosen.

Kegiatan diawali dengan sambutan dan arahan dari Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan yang menyampaikan tentang urgensi kepenulisan modul, dan buku sebagai warisan dan khazanah didalam pustaka yang penting untuk kita semua. Proses kepenulisan memang membutuhkan waktu yang tidak pendek, harapannya kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan secara periodik setiap tahunnya sehingga dapat membentuk dosen yang produktif dalam hal kepenulisan dan dapat menuangkan nilai islamisasi dalam modul pembelajarannya.

Menurut peraturan menteri, terdapat 2 kelompok buku yaitu buku yang disusun berdasarkan kurikulum yang didasari RPS seperti buku ajar, modul ajar dan diktat, buku-buku tersebut digunakan oleh mahasiswa guna mencapat target pembelajarannya. Kelompok ke-2 adalah buku yang dibuat dari hasil penelitian dan diterbitkan sebagai karya ilmiah. Dalam penyajiannya, buku ajar berisikan materi, ilustrasi, contoh soal beserta bahasannya dan didukung dengan rumus, grafik, table maupun gambar.

Sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan Workshop Modul Pembelajaran di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Darussalam Gontor, seluruh peserta yakni dosen, mendapat tugas mandiri untuk menyusun modul ajar dan modul praktikum sesuai kerangka yang telah disampaikan untuk kemudian akan didiskusikan kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *