Minuman yang satu ini memang sedang viral di kalangan generasi millennial. Selain karena rasanya yang nikmat, penyajian Thai Tea juga sangat bervariasi membuat siapa pun yang melihat, ingin untuk segara membelinya, apalagi di cuaca yang sangat panas. Selain Thai Tea, ada juga milk tea dan juga teh tarik. Bahan dasar dari ketiga minuman ini sama, yaitu teh yang dicampur dengan susu.

Biasanya yang digunakan adalah teh hijau atau teh hitam yang kaya akan manfaat bagi tubuh, diantaranya adalah kaya akan polifenol yang merupakan antioksidan pencegah kanker, menjaga kesehatan jantung, dan juga meningkatkan kepadatan tulang.

Selain teh, susu juga memiliki manfaat bagi tubuh karena mengandung banyak nutrisi, diantaranya adalah kalsium, fosfor, magnesium, asam lemak tidak jenuh dan lain sebagainya. Dilihat dari manfaat the dan susu, keduanya memiliki manfaat yang baik bagi tubuh kita. Tetapi, kenyataanya  jika  kita mencampurkan teh dengan susu, bukanlah hal yang baik.

Kebiasaaan mencampurkan teh dengan susu ini menurut penelitian akan menggangu aktivitas antioksidan  catechin yang terkandung dalam teh.  Selain itu, kasein yang terdapat pada susu akan menghambat senyawa catechin  ini dalam menjalankan tugasnya, sehingga penyerapan tidak optimal. Selain itu juga teh mengandung asam oksalat yang dapat berikatan dengan kalsium dari susu dan membentuk batu ginjal, sehingga menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil.

Bahaya dari meminum campuran teh dengan susu tidak akan terasa secara langsung jika kita mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, maka akan menimbulkan beberapa ganguan kesehatan, seperti:

  1. Pembentukan batu ginjal

Pembentukan batu ginjal dapat terjadi karena kandungan kalsium dan protein pada susu dapat berubah menjadi racun dan memicu pembentukan batu ginjal dalam urine, yang dapat membuat kesulitan buang air kecil.

  1. Merusak daya tahan tubuh

Protein yang tigi pada susu dapat mencemari the yang mengandung kafein sehingga dapat merusak fungsi imunitas atau daya tahan tubuh. Hal ini membuat tubuh mudah merasa lelah dan terserang flu atau masuk angina.

  1. Sulit menurunkan berat badan

Satu hal yang harus diingat, jangan pernah kita mencampur teh hijau dengan susu, karena zat catchein pada the hijau sangat ampuh untuk menurunkan berat badan. Namun, saat bertemu dengan susu, maka zat tersebut akan sepenuhnya kehilangan kemampuannya untuk memecah lemak dalam tubuh.

  1. Serangan jantung mendadak

Campuran the dan susu yang dikonsumsi selama bertahun-tahun setiap harinya, dapat menghilangkan senyawa catchein yang ada pada teh. Padahal zat catchein ini mampu melindungi jantung kita dari berbagai masalah jantung.

 

  • – Rahmadini Mentari P
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *