Survey Kepuasan Pengguna

Daftar Isi

PENDAHULUAN
Latar Belakang

Keberhasilan Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA Gontor dalam mencapai visi dan misi, salah satunya ditentukan oleh kepuasan mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, lulusan dan pengguna terhadap layanan manajemen yang diberikan Universitas. Pada saat ini, kualitas pelayanan pada mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, lulusan dan pengguna dipandang sebagai salah satu alat untuk mencapai keunggulan kompetitif. Jika kualitas pelayanan buruk dan kepuasan terhadap layanan kurang memuaskan, maka dalam jangka panjang daya saing akan melemah dan sulit berkembang. Namun, pelayanan berkualitas pekerjaan mudah, karena melibatkan banyak aspek seperti pola penyelenggaraan (tata laksana), dukungan sumber daya manusia, dan kelembagaan yang jelas.

Sebagai wujud komitmen BPM (Badan Penjaminan Mutu) UNIDA Gontor melalui UPM (Unit Penjaminan Mutu) masing-masing fakultas untuk selalu meningkatkan mutu pelayanan fakultas dalam menunjang penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka dilakukan survei kepuasan untuk mengetahui penilaian pengguna terhadap layanan yang diberikan fakultas.

Evaluasi kepuasan Pengguna bermanfaat untuk dapat memperbaiki kualitas layanannya secara berkelanjutan. Survei kepuasan pengguna, dapat dijadikan bahan penilaian terhadap unsur layanan yang masih perlu perbaikan dan menjadi pendorong bagi setiap unit penyelenggara layanan untuk meningkatkan kualitas layanannya.

Ketetapan mengenai survey kepuasan penggunan di Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA Gontor diatur melalui SK Dekan No. 121/UNIDA/FIKES-e/VII/1440 tentang pengukuran kepuasan pengguna layanan manajemen FIK. Survey ini telah berjalan sejak tahun 2019, dan terus dikembangkan sesuai standar SN-Dikti, standar SPMI Universitas dan Fakultas.

Pelaksanaan survey dilakukan oleh UPM fakultas dibantu oleh Gugus Penjaminan Mutu (GPM) masing-masing prodi sebagai upaya monitoring dan evaluasi terhadap capaian mutu fakultas berdasarkan standar SPMI yang ditetapkan fakultas. Jenis survey dan sasaran target disesuaikan dengan kinerja yang akan diukur pada standar atau bidang, yang secara terperinci dijelaskan pada bab metodologi.

Tujuan Survey

Secara umum, tujuan dari dilaksanakannya survey kepuasan pengguna di lingkup FIK UNIDA Gontor yaitu :
1. Memberikan gambaran implementasi layanan yang telah dilakukan
2. Mengukur tingkat kepuasan pemangku kepentingan internal dan eksternal terhadap kinerja fakultas
3. Mengetahui kelebihan & kekurangan program sehingga dapat memberikan solusi bagi peningkatan kinerja
4. Sebagai bahan dan sumber informasi penetepan rencana tindak lanjut perbaikan kinerja fakultas
5. Sebagai umpan balik dalam memperbaiki efektivitas dan kualitas program

Manfaat Survey

Sedangkan manfaat yang dapat diperoleh fakultas dari pelaksanaan survey ini antara lain :
1. Sebagai umpan balik dalam memperbaiki efektivitas dan kualitas layanan terhadap pengguna internal dan eksternal
2. Mendorong dosen, tendik dan mahasiswa untuk berperan aktif dan responsif dalam memberikan penilaian dan umpan balik untuk meningkatkan kinerja layanan fakultas

METODOLOGI
  1. Jenis, Target Responden dan Periode Survey

    Unit Penjaminan Mutu (UPM) Fakultas bersama Gugus Penjaminan Mutu (GPM) melakukan berbagai macam survey dan evaluasi sebagai bentuk pengendalian mutu internal. Survey kepuasan pengguna yang dikelola oleh UPM, target sasaran dan periode pelaksanaannya digambarkan dalam tabel berikut.

  2. Instrumen Pengukuran dan Skoring

    Data hasil survey diolah dan divisualisasikan menggunakan tabulasi, diagram dan grafik sederhana. Secara umum software yang digunakan untuk melakukan analisis data yaitu Ms. Excel. Uji Validitas dan reliabilitas diperlukan untuk sebagian besar instrumen menggunakan software SPSS.

    Skoring menggunakan skala linkert

    Skala Likert merupakan suatu skala psikometrik yang umum digunakan dalam kuesioner (angket), dan merupakan skala yang paling banyak digunakan dalam riset berupa survei. Skala ini dapat dipergunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang terhadap suatu jenis layanan publik. Pada skala Likert responden diminta untuk menentukan tingkat persetujuan mereka terhadap suatu pernyataan dengan memilih salah satu dari pilihan yang tersedia . Seluruh instrumen pada pengukuran kepuasan menggunakan skala sikap dengan skor 1 – 4, dimana :
    Selanjutnya skor penilaian tersebut diakumulasikan untuk setiap jenis pernyataan pada setiap jenis layanan yang disurvei, dan setelah itu nilai akumulasi tersebut dihitung dalam bentuk persentase pada setiap pernyataan yang ada. Nilai persentase tersebut kemudian diasumsikan sebagai tingkat kepuasan.

    Uji Validitas dan Reliabilitas

    Seluruh instrumen yang disusun dan ditetapkan dalam formulir kepuasan telah diuji kesahihannya melalui uji validitas dan reliabilitas. Validitas setiap butir soal  ditentukan dengan membandingkan r-hitung dari skor korelasi pearson (pearson product moment) dengan r-tabel pada df dengan koefisien korelasi 0.1 atau 0.05. Valid diambil ketika skor r-hitung lebih besar daripada r-tabel. Hasi uji validitas setiap instrumen terlampir.
    Uji reliabilitas ditentukan berdasarkan standar cronbach’s alpha yang ditetapkan pada instrumen yaitu dikatakan valid jika lebih dari 60% (0.6). Hasil uji reliabilitas setiap instrumen terlampir.

    Interpretasi

    Dalam survei ini, digunakan aturan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

    1. Interval
    2. IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat)

    Download (PDF, 219KB)

    HASIL SURVEY (2021-2022)
    1. Survey Kepuasan Layanan Manajemen Umum
    2. Survey Kepuasan Mitra Terhadap Implementasi Kerjasam
    3. Survey Kepuasan Layanan Pembelajaran
    4. Survey Kepuasan Mahasiswa Terhadap Proses Pendidikan
    5. Kepuasan Layanan Kemahasiswaan

      Download (PDF, 282KB)

    6. Survey Kepuasan Terhadap Pengembangan SDM
    7. Survey Layanan Keuangan dan Kelayakan Sarpras
    8. Survey Kepuasan Mitra tehadap Pelaksanaan penelitian & PkM
    PENUTUP

    Demikian Laporan Survey ini disusun, Fakultas melalui UPM sangat berterimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan maupun kesediaan menjadi target responden dalam survey ini.

    Untuk meningkatkan kualitas dan cakupan partisipan, kami membuka kesempatan seluas-luasnya untuk seluruh pihak memberikan kritik dan masukan terkait survey kepuasan pengguna. Melalui Link yang dapat diakses melalui email FIK berikut : fik@unida.gontora.ac.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *