SEMINAR NASIONAL DALAM RANGKA MEMPERINGATI BULAN K3 DI UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR

Peringatan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) telah disepakati setiap tanggal 12 Januari – 12 Februari. Tahun 2017 ini merupakan tahun ketiga bangsa Indonesia memperingati bulan K3, dengan tema yang diangkat oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia adalah “Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya K3 Tahun 2020”. Dalam rangka memperingati Bulan K3 tahun 2017, Prodi K3 Universitas Darussalam Gontor ikut memeriahkan dengan mengadakan Seminar Nasional, Call for Paper dan Lomba Poster (Safety Poster Competition) yang terangkai dalam Conference of Indonesian Occupational Safety and Health pada tanggal 15 April 2017.
Seminar Nasional K3 dengan tema “Strategi Mewujudkan Kemandirian Masyarakat Industri Berbudaya K3 untuk Meningkatkan Kualitas Hidup dan Produktivitas” dilaksanakan di Auditorium Gedung Terpadu Kampus Siman, Ponorogo. Seminar Nasional tersebut menghadirkan 3 pembicara yang berkompeten di bidangnya, antara lain:
a. Guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Sebelas Maret, Prof. Dr. H. Santoso, dr., M.S., Sp.Ok, tentang “Strategi Mempersiapkan Aktor Akademik Mewujudkan Budaya K3 di Indonesia”
b. Direktorat Jenderal Penerapan Norma K3 Kementerian Tenaga Kerja, Ir. Amri Ak., MM., tentang “Upaya Pemerintah Dalam Mewujudkan Kemandirian Masyarakat Industri Berbudaya K3”
c. HSE expert di bidang perminyakan dan gas, Ir. Roslinormansyah Ridwan, M.Sc., tentang “Perkembangan Pelaksanaan Budaya K3 Di Sektor Minyak dan Gas”.

Bersamaan dengan berlangsungnya seminar tersebut, dilaksanakan Safety Poster Competition yang diikuti oleh mahasiswa K3 seluruh Indonesia. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hall lantai 1 Gedung Terpadu Kampus Siman, Ponorogo. System penjurian dilakukan oleh dosen K3 Universitas Darussalam Gontor dan pemilihan poster terfavorit oleh pengunjung pameran poster.

Setelah Seminar Nasional dan Safety Poster Competition, rangkaian acara selanjutnya adalah Call for Paper yang diikuti oleh akademisi-akademisi bidang K3. Kegiatan ini merupakan wahana publikasi hasil penelitian maupun pengabdian masyarakat sebagai aplikasi dari Tridharma Perguruan Tinggi. Peserta Call for Paper diminta untuk menyajikan makalah di hadapan hadirin untuk ditanggapi dan didiskusikan. Kegiatan Call for Paper ini dilaksanakan di Ruang VIP Gedung Terpadu Kampus Siman, Ponorogo.
Prodi K3 Universitas Darussalam Gontor mengharap serangkaian acara Conference of Indonesian Occupational Safety and Health tersebut dapat memberikan kontribusi nyata untuk menyuburkan budaya K3 di Indonesia.

Berikut ini adalah materi pembicara pada saat seminar nasional dilaksanakan:

Presentasi Pengembangan Budaya K3

Strategi Mewujudkan Kemandirian Masyarakat Industri Berbudaya K3 Universitas Darussalam Gontor tgl 15 April 2107

K3 UNDARUPresentasi Pengembangan Budaya K3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *