Seminar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Laboratorium Terpadu.

Laboratoium Terpadu Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Darussalam GONTOR (Lab. Terpadu FIK UNIDA GONTOR) telah sukses menyelenggarakan Seminar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada hari Kamis, 23 Desember 2019. Seminar K3 ini merupakan program baru dari Lab. Terpadu FIK yang direncakan menjadi program rutin tahunan untuk setiap pengguna Lab. Terpadu FIK UNIDA GONTOR.

Acara Seminar K3 ini mendatangkan narasumber dari dosen Program Studi D4 K3 UNIDA Ustazah Ratih Andhika Akbar R, S.ST., M.Si. dan Wakil Dekan FIK UNIDA Ustazah Eka Rosanti., S.ST., M.Si. Acara Seminar K3 dihadirai oleh Mahasiswi Semester 6 dan Semester 8 program studi Gizi dan Farmasi, laboran, tendik dan dosen FIK UNIDA. Kehadiran Peserta ini diharapkan dapat langsung mengimplementasikan materi seminar saat melakukan penelitian maupun praktikum di Lab. Terpadu FIK UNIDA GONTOR.

Dalam acara tersebut, narasumber menyampaikan secara jelas dan terperinci terkait identifikasi ancaman bahaya dan pecegahannya dalam bekerja dengan bahan kimia, biologi, keselamatan listrik, dan penanggulangan kebakaran. Tindakan segera dan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Pelindung Diri (APD). Tata ruang dan fasilitas laboratorium terhadap keadaan berbahaya, (Pemilihan jalur evakuasi, zona aman/ titik kumpul, dsb.).

Melalui program ini, diharapkan setiap mahasiswi selaku pengguna Lab. Terpadu FIK UNIDA GONTOR dapat menciptakan suasana laboratorium sebagai sarana belajar yang aman dengan cara mengingat pengetahuan praktik baik dosen, laboran, dan mahasiswa tentang K3, mengenal bahaya yang mungkin terjadi, serta upaya penanganannya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *