sekilas

SEKILAS

          Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Darussalam Gontor, dengan Visi : Menjadi pusat pendidikan kesehatan yang bermutu dan berarti, berlandaskan ilmu dan nilai-nilai keislaman dalam sistem perguruan tinggi pesantren untuk kesejahteraan umat manusia Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA Gontor dengan tiga Program Studi yakni Program Studi Farmasi, Program Studi Ilmu Gizi juga Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja didirikan pada Tahun 2014 seiring dengan awal berdirinya Universitas Darussalam Gontor. Kurikulum pendidikan yang baik dirancang dan dibuat oleh seluruh program studi di Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA dan Gontor mengacu pada kurikulum Nasional (KKNI) dengan sistem pembelajaran Student Center Learning (SCL) yang mengedepankan pencapaian learning outcome pada setiap mata kuliah dan ditambah kurikulum yang berbasis kompetensi.

          Keunggulan-keunggulan yang dimiliki Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA Gontor, antara lain adalah sistemnya yang merupakan perguruan tinggi pesantren, dengan tenaga pengajar lulusan Universitas ternama di dalam negeri maupun luar negeri, serta jaringan alumni Gontor yang mendunia. Mahasantri Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA Gontor juga dekat dengan kegiatan masjid seperti program tahfidzul qur’an, tahsinu qiroatil qur’an, dan berbagai kajian tafsir dan hadist, Selain itu, dosen dari tim Islamisasi ilmu Pengetahuan Universitas Darussalam Gontor juga dilibatkan dalam proses pembelajaran mahasiswa untuk mendukung tercapainya visi dan misi Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA Gontor dalam mencetak lulusan yang beriman, berakhlak mulia dan berpengetahuan luas.

          Dalam Kampus Unida gontor, Bahasa Arab dan Inggris digunakan sebagai pengantar pengajaran dan komunikasi di antara dosen dan mahasiswa. Di dalam sistim asrama aktivitas keilmuan, kerohanian, dan kewirausahaan dapat dilaksanakan dengan mudah, sehingga akan tercipta komunitas dan dari komunitas terbentuk tradisi keilmuan. Dengan system perguruan tinggi asrama, kami juga membentuk miliu pendidikan yang tidak hanya dalam kegiatan akademik melainkan juga pada kegiatan non akademik. Banyak kegiatan seperti seminar dan workshop yang diisi oleh pakar dibidangnya, diadakan untuk meningkatkan intelektualitas mahasiswa dan juga dosen, skill mahasiswa juga dioptimalkan dengan mengadakan berbagai unit kegiatan mahasiswa yang umumnya dibagi menjadi 4 kategori, olah fikir, olah dzikir, olah rasa, dan olah raga. Dalam kegiatan olah fikir, klub debat menjadi unit kegiatan mahasiswa unggulan, mahasiswa dapat berbagi pendapat dan berargumen dengan bebas namun tetap diarahkan oleh pembimbing. Kami juga mengaktifkan klub kaligrafi, dan terbukti dalam waktu >1 tahun mahasiswa telah berhasil mengadakan kegiatan pameran dalam kampus.

          Untuk menciptakan jaringan kerjasama Fakultas Ilmu Kesehatan  telah menandatangani MOU dengan berbagai universitas di dalam maupun luar negeri, juga dengan berbagai perusahaan dan instansi. Fakultas Ilmu Kesehatan juga selalu berusaha untuk meningkatkan mutu dengan melakukan studi banding dan melakukan monitoring dan evaluasi.

          Dosen fik mengikuti berbagai ajang kompetensi diantaranya seminar nasional dan internasional, call for paper, dan pemakalah dalam berbagai event. dalam bidang penelitian dosen fik selalu mendapatkan hibah internal maupun eksternal seperti dari kemeristekdikti maupun asosiasi lainnya. Selain dari pada pada hal itu dosen juga melaksanakan kegiatan  pengabdian kepada masyarakat yg dilakukan baik didalam maupun diluar kampus dengan sasaran yang disebut Desa Binaan sebagai tempat untuk mengabdi.

Sebagai penunjang kegiatan mahasiswa UNIDA Gontor menyediakan berbagai fasilitas diantaranya adalah:

  1. Ruang kelas yang dilengkapi dengan proyektor, ac ataupun kipas dan papan tulis
  2. Jaringan Wifi disekitar kampus dan asrama
  3. Aula pertemuan, Lapangan olah raga, ruang dosen dan
  4. Laboratorium Terpadu Fakultas Ilmu Kesehatan.


          Laboratorium yang berdiri sejak 2019 ini telah digunakan sebagai sarana belajar dan praktik mahasiswa Program Studi Farmasi dan Program Studi Ilmu Gizi. Ruang laboratorium yang saat ini telah difungsikan antara lain laboratorium kuliner dan dietetik, laboratorium manajemen sistem penyelenggaraan makanan, laboratorium penilaian status gizi, laboratorium kimia dan mikrobiologi, laboratoriumteknologi pangan dan uji sensori, Nutrition Center, laboratorium fitokimia, anatomi fisiologi, teknologi farmasi, kimia farmasi, farmasi klinis dan laboratorium steril.