PROGRAM STUDI D4 K3 UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR MELAKSANAKAN SOSIALISASI PENGGUNAAN PESTISIDA YANG AMAN

Pada tanggal 10 September 2016 Dosen Program Studi D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Universitas bersama Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Universitas Darussalam Gontor telah melaksanakan sosialisasi penggunaan pestisida yang aman pada kelompok tani di Desa Jurug, Kecamatan Sooko, Ponorogo. Kegiatan ini merupakan satu dari rangkaian acara Milad Pondok Pesantren Gontor yang ke-90.
img-20161107-wa0002
Para petani dikenalkan risiko-risiko kesehatan yang terkait di bidang pekerjaan pertanian. Risiko kesehatan di bidang pertanian sangat terkait dengan pestisida. Pestisida merupakan bahan kimia yang sering digunakan dalam pertanian. Petani sering melupakan dampak kesehatan yang menjadi efek samping dari penggunaan pestisida. Dampak kesehatan pestisida sering dilupakan karena gejalanya bersifat laten atau kronis.
img-20161107-wa0001
Selain memperkenalkan bahayanya, petani juga disosialisasikan upaya pencegahannya. Pencegahan tersebut meliputi tata laksana penggunaan bahan, penyimpanan, hingga pembuangan limbahnya. Dalam sosialisasi tersebut dosen dan mahasiswa Program Studi D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Universitas Darussalam Gontor juga mengarahkan pembuatan pestisida berbahan dasar herbal (alami) yang tidak berdampak negative bagi kesehatan petani. Di akhir kegiatan, panitia memberikan kenang-kenangan berupa alat pelindung diri (APD) untuk memproteksi petani dalam bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *