Prodi K3 FakultasIlmuKesehatanUnidaGontorAdakanKuliahPakar “SistemManajemenKeselamatandanKesehatanKerja”  

 

Peraturan PemerintahNomor50 Tahun 2012 mengenai penerapan Sistem Manajemen KeselamatandanKesehatanKerja(SMK3). Peraturan PemerintahNomor50 Tahun 2012 telah ditetapkan pada 12 April 2012 di Jakarta. Peraturan Pemerintah tersebut merupakan peraturan pelaksanaan dari pasal 87 Undang-undangNomor13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012 tersebut, semua pemberi kerja wajib melaksanakan SMK3, terutama perusahaan yang mempekerjakan minimal 100 tenaga kerja atau perusahaan yang memiliki tingkat potensi kecelakaan yang tinggi akibat karakteristik proses kerja.SMK3 merupakan bagian dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan, khususnya untuk mengendalikan segala risiko saat proses produksi atau operasional di tempat kerja. PP ini diterbitkan untuk dapat meningkatkan efektivitas perlindungan bagi tenaga kerja melalui SMK3 yang lebih terencana, terukur, terstruktur, dan terintegrasi.Standar Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dimaksudkan untuk melindungi pekerja dari kemungkinan sakit akibat pekerjaan dan dari risiko kecelakaan kerja.2 3 4 Capture

Berdasarkan latar belakang diatas dan adanya mata kuliah SMK3 pada Program Studi D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas DarussalamGontor maka perlu adanya ilmu yang terkini dari pakar SMK3. Karena lulusan K3harusberkompetendalammanajemendanpelaksanaanKeselamatandanKesehatanKerja di lapangansesuaidenganstandar.

Pemateri yang mengisikegiataniniadalah Ir. Harjuti, M.M, Auditor Senior SMK3 PT. JatimAsspek Nusantara yang memberikan SosialisasiSistemManajemenKeselamatandanKesehatanKerja (SMK3) sesuaiPeraturanPemerintahNomor 50 Tahun 2012padahariAhad, 27 Maret 2016.DenganadanyakegiatanKuliahPakarinidapatmenambahwawasandankompetensimahasiswa Prodi K3 dalamSistemManajemenKeselamatandanKesehatanKerja.

Tags:

2 thoughts on “Prodi K3 FakultasIlmuKesehatanUnidaGontorAdakanKuliahPakar “SistemManajemenKeselamatandanKesehatanKerja”  ”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *