PERLOMBAAN HARI KESEHATAN NASIONAL YANG KE- 58 FAKULTAS ILMU KESAHATAN UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR

KEGIATAN

 

Jum’at 18 November 2022, Mahasiswi Fakultas Ilmu Kehatan Universitas Darussalam Gontor mengadakan lomba HKN-58 (Hari Kesehatan Nasional yang ke-58) dengan tema “Bangkit Indonesiaku Sehat Negriku”. Acara perlombaan ini di kategorikan menjadi dua perlombaan, yaitu on air dan off air. Untuk peserta perlombaan on air diikuti oleh seluruh mahasiswi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Darussalam Gontor dan untuk perlombaan off air diikuti oleh seluruh mahasiswi Univeristas Darusslam Gontor.

Sebelumnya Apa Sih Perlombaan Itu?

Perlombaan adalah suatu kegiatan yang mengadu kecepatan (ketrampilan, ketangkasan, kepandaian dan sebagainya). Mahasiswi dapat mengikuti perlombaan tersebut dengan antusias. Perlombaan tersebut di bagi menjadi dua kategori, kategori on air dan kategori off air.

Kategori perlombaan on air meliputi sebagai berikut:

  • Lomba Flying yaitu peserta membawa balon lalu sambil joget dan berjalan, kemudian meletuskan balon dengan perut dan menjawab soal yang telah di sediakan oleh panitia.
  • Lomba guess the spice atau tebak aku, peserta lomba menutup mata untuk menebak simplisia yang telah mereka cium baunya.
  • Lomba bias in the dark atau estafet holahop,lomba ini diikuti oleh perkelompok yang terdiri dari empat orang. Peserta mengestafetkan holahop dari ujung ke ujung kemudian peserta yang telah selesai mengestafetkan holahop nya mereka maju ke depan untuk menjawab soal dari juri yang telah disediakan oleh panitia.
  • Lomba I’am so smart peserta lomba menjawab soal seperti hal nya cerdas cermat.
  • Lomba berikutnya yaitu fruit ninja atau puzzle buah, peserta merapikan puzzle yang bergambarkan buah, kemudian menebak vitamin yang ada pada buah tersebut setelah mereka susun.

Kategori perlombaan Off air meliputi sebagai berikut :

  • Essay, essay diikuti secara individual ataupun kelompok yang teridiri dari dua orang. Format pengumpulan essay berupa file PDF, dan hasil karya dari peserta lomba merupakan karya yang belum pernah dipublikasikan dan tidak plagiat.
  • Cerpen, cerpen diikuti oleh individual mahasiswi, dengan syarat hasil karya dari peserta lomba merupakan karya yang belum pernah dipublikasikan dan tidak plagiat. Pengumpulan karya berupa file PDF
  • Poster, lomba poster diikuti secara individual. Hasil karya berformat JPG atau PNG. Hasil karya dari peserta lomba merupakan karya yang belum pernah dipublikasikan dan tidak plagiat.

 Apa Tujuannya?

Tujuan dari perlombaan ini yaitu meningkatkan kemampuan bidang, meningkatkan softskill, menambah pengalaman, memperluas relasi pertemanan, mendapatakan hadiah dan sertifikat, dan masih banyak lagi.

Pembagian Hadiah Lomba

Seperti hal nya dalam rangka acara perlombaan, saat yang di tunggu-tunggu para peserta yaitu pembagian hadiah. Dimana semua para peserta lomba berarap kepada kemenangan yang dapat mereka raih. Hadiah merupakan pemberian dalam bentuk kenang-kenangan, penghargaan, dan penghormatan dari panitia kepada para peserta lomba. Hadiah tersendiri memiliki kaitan erta untuk membuat orang lain merasa lebih bahagia. Hadiah juag merupakan wujud dari kebaikan kepada sesama. Maksud dari panitia memberikan hadiah ini yaitu sebagai kekuatan dalam menjalin pertemanan, sebagai bentuk rasa terimakasih, memperkuat kebersamaan, sebagai cendera mata dan hadiah sebagai bentuk kebiasaan pada acara-acara tertentu.

Para pemenang juara perlombaan peringatan HKN-58 yaitu:

Kategori On Air

  • I’am So Smart

Juara 1: Mufidatul Khairiyah/Sem8/Gizi

  • Guess The Spice

Juara 1: Irmayudi Nur/Sem2/Farmasi

  • Flying

Juara 1: Qurrotul Aini dan Yunita Kumala/Sem4/Gizi

  • Fruit Ninja

Juara 1: Jesycha Laily Aswad Navy/Sem8/Gizi

  • Bias In The Dark

Juara 1: Alia Alifia, Yabda Alib, Adindha Eugenia Azzahra dan Salsabila Khoirunisa/Sem4/Farmasi

  • Angkatan Tersemangat: Angkatan 2021
  • Angkatan Teraktif: Angkatan 2022

Kategori Off Air

  • Cerpen

Juara 1: Alya Mumtaza/Sem2/AFI

Juara 2: Alia Alifia/Sem2/Farmasi

  • Essay

Juara1: Sahar Permata/Sem4/IQT

  • Poster

Juara 1: Nisa’ul Qoni’ah/Sem2/IQT

Juara 2: Yabda Alib/Sem4/Farmasi

Hari Kesehatan Nasional ke-58

Hari kesehatan nasional di peringati di setiap tahun oleh seluruh tenaga kesehatan baik pekerja maupun para mahasiswa dan mahasiswi. Kami sebagai mahasiswi fakultas ilmu kesehatan khususnya di Universitas Darusslaam Gontor juga ikut merayakannya dengan memeriahkan hari tersebut dengan mengadakan lomba dan olah raga bersama yang bertempat di Lapangan Aula Gedung Terpadu Ilmu Kesehatan pada hari Jum’at 18 November 2022. Kami sebagai panitia turut berkontribusi dan berpartisipasi dalam rentetan kegiatan ini.

Pada hari itu juga kami menyediakan sarapan bersama setelah semua perlombaan selesai. Para peserta dari semeseter 2 sampai semester 8 ikut serta meramaikan dan memeriahkan acara senam bersama dan perlombaan ini. Lomba off air banyak diikuti oleh non-Fakultas Ilmu Kesehatan diantaranya yaitu lomba essay, poster dan cerpen. Para peserta lomba di beri waktu 10 hari untuk mengikuti lomba off air tersebut. Dan di kumpulkan melalui google form. Para juri menilai karya-karya mahasiswi berupa poster, essay dan cerpen. Hasil dari penilaian tersebut bagi yang terbaik akan di jadikan juara pemenang di lomba tersebut.

Para mahasiswa Universitas Darussalam khususnya para peserta lomba sangat aktif dan turut memeriahkan acara ini, karena para pemuda sekarang berjuang dan bangkit sebagai warganegara Indonesia demi mewujudkan kesehatan Negri. Seperti tema HKN yang ke-58 ini dengan tema “Bangkit Indonesiaku Sehat Negriku

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *