PERINGATI HKN KE-57, FIK UNIDA GELAR SEMINAR DAN LOMBA INTERNAL

Hari Kesehatan Nasional (HKN), merupakan sebuah peringatan tahunan yang dilaksanakan untuk mengajak masyarakat agar memiliki perilaku pola hidup sehat. Peringatan ini diadakan setiap tahunnya bertepatan pada tanggal 12 November. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor turut memperingati hari ini sebagai bentuk kesadaran untuk menghidupkan pola hidup sehat di lingkungan UNIDA Gontor. Peringatan ini dilaksanakan dengan mengadakan seminar dan perlombaan seperti Essay, Photo contest, dan Poster yang diikuti oleh mahasiswa dari seluruh fakultas di UNIDA Gontor.

Jum’at, 19 November 2021, FIK UNIDA Gontor mengadakan Seminar HKN dengan tema “Sehat negriku, Tumbuh Indonesiaku” yang diikuti seluruh civitas akademika Fakultas Ilmu Kesehatan sekaligus menutup rangkaian acara perlombaan yang diadakan sebelumnya. Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan III Al-Ustadz apt. Kurniawan, S.Si., M.Farm dan menghadirkan pembiacara Al-Ustadzah apt. Nadia Iha Fatiha, M.Pharm.Clin (Sekertaris Program Studi Farmasi UNIDA Gontor) dan Al-Ustadzah Fathimah S.Gz., MKM (Ketua Program Studi Ilmu Gizi UNIDA Gontor).

“Karena kita adalah petugas kesehatan nantinya, maka memupuk kesadaran untuk menerapkan pola hidup sehat harus kita bangun dari sekarang sekaligus mengajak sekitar kita untuk menerapkannya juga. Karena ketika kita sehat, kita juga berkontribusi dalam membangun negeri”, ujar Al-Ustadzah Iha dalam materi yang disampaikannya.

“Saat pandemi Covid-19 ada 3 hal yang harus kita tingkatkan bersama Iman, Imun dan Aman. Kita juga perlu berikhtiar meningkatkan imun dengan menjaga pola makanan dengan mengkomsumsi makanan yang halal dan thayyib. Dengan terpenuhinya kebutuhan nutrisi tubuh diharapkan sistem imun kita tidak mudah diserang oleh penyakit. Dan penerapan pola hidup sehat itu dimulai dari diri sendiri”, ulasan materi yang disampaikan oleh Al-Ustadzah Fathimah.

Acara ini ditutup dengan pembagian hadiah kepada para pemenang lomba HKN.
(Chelsea Aulia Ramadhani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *