TATATERTIB PEMINJAMAN LABOATORIUM

Peraturan Peminjaman Lab

  1. Peminjaman aula lab lantai 3 wajib menyerahkan surat ke Fakultas Ilmu Kesehatan. Sedangkan peminjaman lab lantai 1 dan 2 menyerahkan surat (3 rangkap) ke Tata Usaha Laboratorium (Fiki Husna).
  2. Peminjam harus menyerahkan surat peminjaman yang sudah ditandatangani lengkap. Surat bisa di minta ke Tata Usaha Laboratorium atau download disini
  3. Peminjam harus menyerahkan kartu perizinan keluar sebagai jaminan kunci laboratorium, pengembalian kunci dan pengambilan kartu harus dilakukan oleh peminjam dan tidak bisa diwakilkan.
  4. Peminjam lab wajib membersihkan dan mengembalikan kondisi lab yang dipinjam sebelum mengembalikan kunci
  5. Peminjam yang tidak mengindahkan peraturan wajib membuat surat permohonan maaf yang ditandatangani oleh Ketua Lab Terpadu, Ketua Prodi yang bersangkutan, Dekan yang bersangkutan, dan Pengasuh UNIDA Kampus Putri

Peraturan Praktikum

  1. Mahasiswa wajib hadir di ruang praktikum 15 menit sebelum waktu praktikum
  2. Mahasiswa yang datang terlambat lebih dari 15 menit tidak diperkenankan
    mengikuti kegiatan praktikum.
  3. Mahasiswa wajib mengikuti pretest praktikum. Tidak ada remedial pretest
  4. Mahasiswa wajib mengikuti Asistensi dengan Asisten Lab yang diadakan sebelum praktikum dimulai.
  5. Mahasiswa wajib membuat jurnal Praktikum sebagai syarat masuk praktikum
    dengan format yang telah ditentukan.
  6. Sebelum praktikum dimulai mahasiswa wajib mengenakan jas laboratorium.
  7. Mahasiswa meminjam peralatan ke laboran dengan mengisi daftar Bon Alat.
  8. Selama praktikum berlangsung, mahasiswa wajib menjaga ketertiban dan
    ketenangan laboratorium. Mahasiswa tidak diperkenankan meninggalkan ruang praktikum tanpa ijin dosen atau asisten pembimbing praktikum.
  9. Setelah selesai praktikum, mahasiswa wajib merapikan dan membersihkan
    kembali peralatan dan tempat praktikum sesuai ketentuan yang berlaku.
  10. Mahasiswa wajib absen dijurnal praktikum dan mengisi kartu kendali praktikum.
  11. Mahasiswa wajib membuang sampah praktikum sesuai ketentuan yang berlaku.
  12. Mahasiswa wajib melaporkan alat-alat yang rusak dan pecah ke laboran.
  13. Mahasiswa wajib mengganti peralatan yang rusak atau pecah sesuai dengan
    ketentuan yang berlaku.
  14. Selama praktimum mahasiswa wajib membuat data pengamatan yang akan
    dilampirkan pada laporan penelitian. Mahasiswa wajib membuat laporan resmi
    praktikum sesuai dengan hasil praktikum.
  15. Mahasiswa yang tidak dapat mengikuti praktikum karena sakit/izin harus
    memberikan surat sakit/surat izin dan menghubungi laboran serta dosen
    pengampu untuk mengganti praktikum dilain hari dengan ketentuan menanggung sendiri bahan praktikum yang dibutuhkan pada praktikum pengganti.
  16. Mahasiswa yang alpha (tidak masuk tanpa alasan/terlambat lebih dari 15 menit) harus membuat surat permohonan maaf dan menghubungi laboran serta dosen pengampu untuk mengganti praktikum di lain hari dengan ketentuan menanggung sendiri bahan praktikum yang dibutuhkan pada praktikum pengganti.
  17. Bagi mahasiswa yang berhalangan hadir dan tidak mengikuti praktikum pengganti maka akan mendapatkan nilai nol pada seluruh aspek penilaian pada percobaan tersebut.
  18. Ketentuan dan syarat yang belum tercantum, mengikuti tata tertib yang berlaku di Laboratorium Terpadu

 

Peraturan Peminjaman Laboratorium untuk Penelitian

  1. Peneliti/mahasiswa diwajibkan mengajukan surat permohonan yang ditujukan ke laboratorium yang bersangkutan (rangkap 3, dua lembar untuk laboratorium dan satu lembar untuk peneliti/mahasiswa).
  2. Selama mengadakan penelitian di laboratorium, peneliti/mahasiswa harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:
    • Mematuhi tata tertib dan peraturan yang berlaku di laboratorium
    • Tidak mengganggu jalannya kegiatan praktikum reguler yang sedang berjalan
    • Peneliti/mahasiswa harus menerapkan 5R (resik, rapi, rajin, ringkas dan rawat), menjaga ketertiban dan keamanan laboratorium.
    • Untuk mahasiswa UNIDA wajib menyertakan sertifikat pelatihan K3
    • Peneliti/mahasiswa wajib mengisi buku pengunjung di masing-masing lab
  3. Peneliti/mahasiswa wajib menunjukkan proposal penelitian.
  4. Ketentuan penggunaan laboratorium:
    • Peneliti/mahasiswa dapat melaksanakan penelitian setiap hari kerja dari jam 08.00 s/d 16.00 WIB.
    • Peneliti/mahasiswa yang mengadakan penelitian diluar jam kerja wajib diawasi oleh laboran atau dosen.
    • Surat ijin lembur penelitian harus diserahkan sebelum pelaksanaan lembur bersamaan dengan kartu perizinan keluar yang dibawa saat pengambilan kunci
  5. Ketentuan penggunaan alat laboratorium:
    • Peneliti/mahasiswa menggunakan peralatan yang ada di laboratorium harus dalam pengawasan laboran/dosen.
    • Peneliti/mahasiswa dapat menggunakan alat-alat yang ada di laboratorium dengan ijin laboran dan dikembalikan pada hari itu juga, kecuali yang bisa dipakai selama waktu tertentu.
    • Jika ada kerusakan alat yang dipinjam, peneliti/mahasiswa wajib segera mengganti dengan kuantitas (jumlah) dan kualitas (spesifikasi) yang sama, kecuali dinyatakan lain oleh kepala laboratorium yang bersangkutan.
    • Peneliti harus mengisi logbook alat.
  6. Ketentuan penggunaan bahan habis pakai:
    • Peniliti/mahasiswa menggunakan bahan habis pakai milik laboratorium wajib mengisi form penggunaan bahan habis pakai lengkap dengan rincian jumlah dan spesifikasi bahan yang digunakan.
    • Pembelian bahan habis pakai disesuaikan dengan batas minimal pembelian yang ditentukan oleh kepala laboratorium.
    • Peneliti/mahasiswa wajib menyiapkan sendiri wadah bahan yang dibutuhkan
  7. Bahan dan alat pribadi yang digunakan selama penelitian disimpan dan diamankan di kotak/ wadah pribadi, diberi nama, dan tidak diletakkan sembarangan.
  8. Biaya untuk penggunaan bahan habis pakai dibayarkan peneliti/mahasiswa pada akhir penelitian ke bagian Inventaris Laboratorium
  9. Administrasi keuangan maupun tanggungan alat wajib diselesaikan sebelum mengajukan ujian skripsi atau sebelum selesai penelitian.
  10. Setelah selesai penelitian, peneliti/mahasiswa tidak boleh meninggalkan bahan, alat dan barang pribadi di laboratorium.
  11. Peneliti/mahasiswa sanggup mentaati Tata Tertib Pelaksanaan Penelitian ini dan pelanggaran terhadap hal-hal yang tercantum dalam Tata Tertib Pelaksanaan Penelitian ini maka peneliti/mahasiswa bersangkutan  dikenakan sanksi yang berlaku.