PEKAN ILMIAH MAHASISWA UNIDA, MENGGALI KREATIVITAS DAN INOVASI MAHASISWA

Program Kreativitas Mahasiswa merupakan salah satu implementasi Tridharma Perguruan Tinggi. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal PendidikanTinggi pada tahun 2001 merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sejak diluncurkannya, PKM memperoleh respon positif, baik di kalangan mahasiswa maupun pimpinan perguruan tinggi. Hal ini tercermin dari bertambah banyaknya jumlah perguruan tinggi yang berpartisipasi dan proporsal yang diunggah mahasiswa. Dalam upaya mengakomodasi perkembangan ide kreatif dan inovatif mahasiswa, PKM terus dikembangkan dan disempurnakan sehingga mahasiswa mampu mengantisipasi, memahami bahkan berkontribusi untuk mewujudkan tujuan kehidupan dunia yang dicanangkan PBB dalam 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) tahun 2015-2030.

Gambar 1. Pembukaan Pekan Ilmiah Mahasiswi (PIM) FIK UNIDA

Universitas Darussalam sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi di Jawa timur, turut melibatkan mahasiswi dalam kegiatan-kegiatan berskala nasional dan ikut aktif dalam Program Kreatifitas Mahasiswi tersebut. Untuk mempersiapkan mahasiswi yang siap bersaing, dengan ide-ide kreatif, inovatif dan solutif maka lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, maka Fakultas Ilmu Kesehatan bekerjasama dengan bagian Kemasiswaan melakukan pembekalan melalui kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswi (PIM) UNIDA.

Gambar 2. Klinik Proposal bersama LPPM UNIDA

PIM berlangsung selama 4 bulan, dengan rangkaian kegiatan pembukaan, pembekalan, karantina proposal dan klinik sebanyak 3 tahap. Luaran dari program tersebut, Fakultas Ilmu Kesehatan berhasil mengunggah 27 Proposal kesistem Simbelmawa yang berasal dari 14 proposal Prodi Farmasi dan 13 proposal dari prodi Gizi dengan berbagai skema yang diusulkan. Melalui kegiatan ini diharapkan akan didapatkan banyak proposal yang lolos dalam pendanaan DIKTI dan berlanjut hingga ke PIMNAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *