UNIDA-Mahasiswa K3 UNIDA Gontor bekerja sama dengan UPT Pemadam Kebakaran Kabupaten Ponorogo melaksanakan simulasi tanggap darurat kebakaran di Gedung Terpadu Universitas Darussalam Gontor pada Senin, 6 November 2017 pukul 09.00 s.d. 11.00 WIB

Kegiatan ini dilakukan karena terdapat banyak pertimbangan yaitu Gedung Terpadu Universitas Darussalam Gontor merupakan gedung baru yang digunakan untuk berbagai aktifitas akademik maupun non akademik. Lebih dari 1000 lebih orang civitas akademik yang ada di Universitas Darussalam Gontor. Oleh karena itu, penting dilakukan simulasi jika suatu saat terjadi keadaan darurat seluruh civitas akademik dapat menanggulanginya dengan baik.

Dalam perkuliahan, mahasiswa K3 Universitas Darussalam Gontor mendapatkan mata kuliah Sistem Tanggap Darurat. Sebagai prakteknya, mahasiswa mengadakan simulasi tanggap darurat kebakaran di Gedung Terpadu Universitas Darussalam Gontor.

Dalam simulasi ini, sumber kebakaran berasal dari Laboratorium K3 yang berada di Lantai 2 Gedung Terpadu. Para petugas evakuasi segera datang beberapa saat kemudian. Mereka saling membantu dalam memadamkan si jago merah dan menyelamatkan para korban.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada seluruh civitas akademik sebagai antisipasi dalam menyelamatkan diri ketika kejadian yang tidak diinginkan seperti kebakaran terjadi. Selain itu, simulasi ini juga dapat meminimalisasi akibat dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan di lingkungan Universitas Darussalam Gontor. Simulasi tanggap darurat kebakaran ini diadakan perdana. Acara ini diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi setiap elemen di Universitas Darussalam Gontor.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *