Dosen Prodi D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Mengikuti Sertifikasi Ahli K3 Umum di Universitas Respati Yogyakarta

WhatsApp Image 2016-08-30 at 19.54.23

 

Pada tanggal 8-22 Agustus 2016, Universitas Darussalam telah mengirimkan 2 dosen Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja untuk mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi Ahli K3 Umum Kementerian Tenaga Kerja RI yang diselenggarakan oleh Pusat Pelatihan Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Respati Yogyakarta. Pelatihan dan sertifikasi ini bertujuan untuk mencetak kader Ahli K3 yang mempunyai tugas membantu Kementerian Tenaga Kerja untuk mengawasi dan melindungi tenaga kerja dalam pelaksanaan norma kerja dan norma K3 di perusahaan.

Berdasarkan Undang-Undang No.1 Tahun 1970 dan peraturan pelaksanaannya pada Permen No.4/MEN/87 pasal 2, pemerintah mewajibkan perusahaan mempunyai Ahli K3 agar pelaksanaan dan penerapan K3 di tempat kerja berjalan optimal. Pelatihan Ahli K3 umum dirancang untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan menuju produktivitas dan efisiensi untuk meningkatkan daya saing perusahaan.

Materi pelatihan dan sertifikasi Ahli K3 Umum diberikan oleh pakar K3 dari Kementerian Ketenagakerjaan RI dan praktisi dari PT. Mega Andalan Kalasan, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang produksi alat-alat kesehatan di Sleman, Yogyakarta.

Kepada peserta yang lulus dan memenuhi syarat diberikan sertifikat ahli K3 Umum yang dikeluarkan oleh Kementerian Tenaga Kerja RI dan surat penunjukan Ahli K3 Umum di perusahaan / instansi tempat bekerja masing-masing peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *