Diskusi Tematik Program Studi Diploma 4
Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan Tim Islamisasi Ilmu
Universitas Darussalam Gontor

_MG_9195

Islamisasi Ilmu Pengetahuan di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Program Studi Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Universitas Darussalam Gontor dalam mencapai visi dan misi Universitas yang di break down ke dalam visi dan misi Program Studi. Kegiatan diskusi tematik ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Dosen dan Tenaga Kependidikan mengenai wujud intergrasi antara Islamisasi Ilmu dengan Ilmu K3. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara bertahap dan didampingi oleh Tim Islamisasi Ilmu Universitas Darussalam Gontor. Adapun integrasi tersebut akan di break down ke dalam 4 (empat) bidang utama ilmu K3, yaitu: Keselamatan Kerja, Kesehatan Kerja, Hygiene Industri dan Lingkungan yang berbasis studi Keislaman, yang meliputi: Worldview, Filsafat Ilmu, Etika dan Hukum Syariah.

Diskusi tematik pertama telah sukses dilaksanakan pada hari Senin, 11 September 2017 di Ruang Rapat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Darussalam Gontor. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Al-Ustadz Dr. M. Kholid Muslih, M.A. selaku Direktur Islamisasi Ilmu Universitas Darussalam Gontor beserta Tim Islamisasi Ilmu yaitu Al-Ustadz Nofriyanto, M.Ag, Al-Ustadz Faqih Nizhom, M.Ag serta Al-Ustadzah Imroatul Istiqomah, M.P.I.

Hasil diskusi tersebut telah membawa manfaat bagi Dosen dan Tenaga Kependidikan Program Studi Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Universitas Darussalam Gontor. Berbagai aspek di bidang K3 dapat dilaksanakan pengembangannya berbasis Keislaman. Salah satunya yaitu pelaksanaan integrasi bidang keselamatan dan lingkungan dalam perspektif Islam. Kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) yang dilaksanakan oleh Dosen, sedikit demi sedikit telah memasukkan aspek integrasi Ilmu K3 dengan Ilmu dan Nilai-nilai Keislaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *