Dalam rangka meningkatkan pembelajaran, dan pengembangan mutu dosen perguruan tinggi swasta di Jawa Timur, Universitas Darussalam Gontor bekerjasama dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah VII telah berhasil menyelenggarakan Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI).  Pelatihan PEKERTI terselenggara selama lima hari, mulai tanggal 2-6 Maret 2020 bertempat digedung terpadu Universitas Darussalam Ponorogo.

Gambar 1. Peserta pekerti bersama prof. Dr. Achmad Susilo., M.S

Beberapa pemateri dihadirkan guna memberikan informasi dan inovasi kepada peserta. Pemateri pada pelatihan PEKERTI kali ini adalah Prof. Dr. Achmad Susilo., M.S yang memberikan materi terkait Pendidikan Sebagai Sistem Dan Jenjang Karir Dosen Diperguruan Tinggi, Pradigma Teori Belajar Dan Motivasi, Pembelajaran Orang Dewasa, Taksonomi Dan Tujuan Instruksional. Pemateri kedua adalah Dr. Pardji., M.Pd. yang menyampaikan materi mengenai Analisis Intruksional, Media Dan Sumber Belajar. Pemateri ke tiga disampaikan oleh Dr. Haryono., M.Pd dengan materi Penilaian Hasil Belajar, dan Perangkat Pembelajaran. Pemateri keempat disampaikan oleh Dr. Andri Pitoyo yang memberikan arahan terkait Team teaching dan Microteaching. Selama pelatihan PEKERTI, peserta tidak hanya disuguhkan materi-materi tersebut, tetapi juga diberikan tugas, latihan dan praktik langsung untuk mengevaluasi pemahaman dan ketercapaian materi yang diberikan.

Gambar 2. Beberapa Delegasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Darussalam

Gambar 3. Praktik Mikroteaching oleh Ustazah Kartika Pibriyanti, S.K.M., M.Gizi.

Pada kesempatan ini, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Darussalam berperan aktif dalam pelatihan PEKERTI dengan mengirimkan 6 delegasi. Delegasi tersebut berasal dari berbagai program studi diantaranya 3 delegasi dari program studi Farmasi, 2 delegasi dari program studi K3 dan 1 delegasi dari program Studi Gizi. Delegasi FIK juga ikut serta dalam praktik microteaching yang dilakukan oleh Ustazah Kartika Pibriyanti, S.K.M., M.Gizi. dengan memberikan materi Pentingnya Gizi Seimbang saat praktik microteaching. Setelah pelatihan PEKERTI dosen diharapkan mampu memiliki minimal empat kompetensi dasar yakni; Kompetensi profesionalita, Kompetensi Andragogi, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian.

By: Indah Tri Lestari, S.Si., M.Si.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *